Koleksi Refrensi


Untitled Document

Koleksi referensi merupakan kumpulan bahan pustaka yang ditulis untuk mencari suatu informasi tertentu, tidak untuk dibaca secara keseluruhan. Buku referensi memuat fakta dan data yang dikumpulkan dari berbagai sumber yang diatur sedemikian rupa agar dapat digunakan dengan mudah dan cepat. Buku referensi bersifat petunjuk, maka harus selalu tersedia di perpustakaan sehingga dapat dipakai orang setiap saat. Bukuk-buku referensi tidak boleh dipinjam atau dibawa pulang, karena fungsinya hanya untuk konsultasi dan boleh difoto copy.

Untuk memudahkan dalam memisahkan antara buku referensi dengan buku koleksi umum, maka buku-buku ereferensi diberi tanda label pada label buku dipunggung buku koleksi referensi diberi tanda/kode 'R' yang berarti referensi, contohnya :

R. 633.851 Dar P

R = kode Buku Referensi

633.851 = Nomor Klasifikasi

Dar = Tiga huruf dari nama pengarang yang dibalik misal Witjaksana Darmosarkoro, menjadi Darmosarkoro, Witjaksana

P = Satu huruf pertama dari judul Misal judul : Pembibitan Kelapa Sawit

Adapun jenis-jenis koleksi referensi di perpustakaan STIPAP sebagai berikut :

1. Ensiklopedia

Merupakan Segala sesuatu tentang istilah, obyek, peristiwa, temuan. Seperti :
- Latar belakang dan perkembangannya
- Data-data (Fakta-fakta)
- Relevansinya
- Kegunaannya

Pada umumnya ensiklopedia itu dapat dikelompokan dalam dua buah golongan besar, yakni ensiklopedia umum dan ensiklopedia khusus (menurut subyek/ bidangnya). Namun dapat kita ketahui bahwa kedua kelompok tadi masih dapat dibagi lagi menurut tingkat pendidikan para pembacanya, kekuatan materi yang dikandung oleh ensiklopedi yang bersangkutan, dan terutama di indonesia, yang umumnya mempunyai handicap dalam penguasaan bahasa asing cara penyajian informasinya.

2. Kamus

Salah satu buku referensi dari jenis direct source type yang telah lazim digunakan orang adalah kamus. Sekalipun penggunaannya secara awam masih terbatas pada pencarian arti atau definisi dari suatu kata ataupun istilah. Dan memang semula diterbitkannya kamus itu adalah untuk memenuhi keperluan tersebut, walaupun kemudian ia berkembang menjadi suatu buku sumber informasi yang sifatnya Multi purpose bersifat lebih ensiklopedis. Didalam kamus tidak hanya mencantumkan arti/definisi dari kata-kata atau istilah-istilah saja tetapi kamus juga memberikan data-data aktual, ulasan tentang the thing itu sendiri, kata-kata mutiara ataupun motto-motto, disertai lampiran-lampiran khusus.

3. Handbook

Jenis buku ini amat banyak dimanfaatkan oleh para pemakai jasa layanan informasi disetiap perpustakaan. Bagi orang awam sudah tentu akan sulit untuk membedakan antara apa yang disebut handbook ini dengan buku-buku yang dinmakan manual ataupun guidebook. Ketiga jenis buku sumber itu tampaknya, secara sekilas, hampir sama saja. Tetapi pada dasarnya ke tiga buku tersebut memiliki karakteristik-karekteristik tertentu.


- Hanbook ataupun Manual isinya :

  1. Kumpulan anekaragam informasi dalam satu atau beberapa subyek yang saling berhubungan.
  2. Instruksi-instruksi, bimbingan, dan informasi-informasi.


- Guidebook isinya :

  1. Informasi, namun hanya garis-garis besarnya saja.
  2. Memberikan arah ataupun petunjuk tentang nama-nama, tempat-tempat, dan sejenisnya.

4. Biografi

Adalah buku yang menceritakan riwayat seseorang baik yang masih hidup ataupun sudah meninggal.

5. Bibliografi

Adalah daftar buku-buku dalam bidang atau suatu subyek tertentu. Secara sekilas ada banyak bibliografi yang memberikan anotasi pada setiap item yang dicantumkan didalamnya. Tujuan utamanya adalah agar para pembacanya dengan segera dapat menangkap isi atau materi yang dibahas oleh suatu buku/artikel itu sehingga mereka dapat menentukan pilihan mereka atas informasi yang sedang mereka cari.

6.Katalog

Adalah daftar buku-buku (di dinipun arti buku itu dalam pengertian yang luas, ia bisa berupa suku, pamflet, film, slide, dan seterusnya) yang terdapat dalam suatu perpustakaan tertentu (atau suatu sistem perpustakaan tertentu).