VIsi, Misi, Tujuan, Fungsi Perpustakaan STIPAP


Untitled Document

Visi

Mengelola dan mengembangkan Perpustakaan untuk mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi di STIPAP dan Program Diklat di LPP Kampus Medan

Misi

Menjadi unit pelayanan yang mampu memberikan Servis Excellent kepada pengguna perpustakaan.

Tujuan

Sebagai bagian yang integral dari suatu perpustakaan perguruan tinggi, maka perpustakaan perguruan tinggi dapat diselenggarakan dengan tujuan untuk dapat menunjang pelaksanaan program perguruan tinggi yang sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, pengajaran dan pengabdian kepada masyarakat.

Adapun yang menjadi tujuan didirikannya Perpustakaan STIP-AP antara lain:

  1. Dalam menunjang pendidikan dan pengajaran, perpustakaan bertujuan untuk mengumpulkan, mengolah, menyimpan, menyajikan, dan menyebarluaskan informasi untuk mahasiswa dan dosen sesuai dengan kurikulum yang berlaku
  2. Mengikuti perkembangan mengenai program-program penelitian yang diselenggarakan di lingkungan perguruan tinggi induknya dan berusaha menyediakan literature ilmiah dan bahan lain yang diperlukan bagi para peneliti.

Fungsi

Secara umum fungsi perpustakaan Perguruan Tinggi adalah menyusun kebijakan dan melakukan tugas rutin untuk mengadakan, mengolah, dan merawat bahan pustaka serta mendayagunakannya. Baik bagi civitas akademika maupun pengguna di luar kampus. Perpustakaan juga dapat berfungsi sebagai pusat belajar mengajar maupun sebagai pusat penelitian bagi mahasiswa dan dosen.

Adapun yang menjadi fungsi perpustakaan STIP-AP adalah sebagaiberikut:

    1. Fungsi Pendidikan

Perpustakaan STIP-AP merupakan sumber belajar bagi  civitasak ademika, oleh karena itu koleksi-koleksi yang disediakan adalah koleksi yang mendukung pencapaian tujuan pembelajaran, pengorganisasian bahan pembelajaran setiap program studi.

2. Fungsi Informasi

Perpustakaan STIP-AP merupakan sumber informasi yang mudah diakses oleh pencari dan pengguna informasi.

                  3. Fungsi Administratif

Fungsi ini terlihat jelas pada perpustakaan STIP-AP dalam kegiatan sehari-hari yang dilakukan melalui peminjaman, pengembalian dan perpanjangan bahan pustaka (koleksi).

                   4.Fungsi rekreatif

Pengguna dapat rekreasi dengan membaca dan mengakses berbagai sumber informasi hiburan seperti Novel, Koran dan Majalah.