Sejarah Perpustakaan STIPAP


Untitled Document

Perpustakaan sebagai sumber informasi mempunyai tugas mengumpul, mengolah dan menyebarluaskan informasi agar dapat dimanfaatkan oleh pemakai semaksimal mungkin. Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian-Agrobisnis Perkebunan (STIP-AP) LPP Kampus Medan sebelumnya bernama Perpustakaan Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP) Kampus Medan yang berdiri sejak tahun 1985, yang lokasinya terletak di Jalan Williem Iskandar atau Jalan Pancing No 1 Sampali Medan.

Awalnya Perpustakaan LPP Kampus Medan ini terletak di halaman depan kompleks LPP Kampus Medan, posisinya yang kurang strategis ini menyebabkan para pengguna (user) perpustakaan enggan untuk datang berkunjung ke perpustakaan. Pada tahun 1995 Perpustakaan LPP Kampus Medan pindah ke gedung baru dengan luas perpustakaan ± 600 M2 dan terletak ditengah kampus, sehingga mudah dijangkau oleh pengunjung. Kemudian seiring berjalannya waktu, dengan berdirinya Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIP-AP)  maka tahun 2006 Perpustakaan LPP Kampus Medan di ambil alih pengelolaannya oleh Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian-Agrobisnis Perkebunan (STIP-AP) berubah nama menjadi Perpustakaan STIPAP. Perpustakaan saat ini melayani lebih dari ± 1.300 Mahasiswa, 80 Dosen, 70 Pegawai STIP-AP dan ± 113 Pegawai LPP Kampus Medan.

Perpustakaan menyimpan lebih dari 6.966 judul atau 11.303 eksemplar bahan pustaka tercetak. Koleksi tercetak dikelompokkan dengan sistem Dewey (DDC) edisi 22. Sistem housekeeping perpustakaan terautomasi diantaranya katalog, pelayanan sirkulasi dan pengadaan bahan pustaka. Untuk menemukan koleksi, perpustakaan menyediakan sarana penelusuran dalam katalog online yaitu OPAC (Online Public Access Catalogue).